Sabtu, 27 Maret 2010

Homestay Van Lith Muntilan SHSD Gen. XIX, Gantang- Kadileben, Sawangan

Waa, seru bgt deh kmaren homestay di Desa Gantang. Diz ampe ketagihan dan pengen balik lagi. Bener2 pengalaman sekali seumur hidup yang tak terlupakan! >.<>
  • kegiatan tahunan khusus kelas X Van Lith Senior High School Dormitory, sebagai pengisi waktu libur saat kakak2 kelas XII pada UN.
  • yaitu, anak2 kelas X Van Lith SHSD diwajibkan untuk menginap di rumah penduduk yg KLMT (Kecil Lemah, Miskin dan Tersingkir) di daerah pedesaan, dgn tujuan anak2 Van Lith ikut ngerasain gmn hidup sebagai orang yg KLMT.
  • Nah, Klo di-Indonesiakan, "homestay" kira2 artinya "tinggal di rumah"... (^^'?)
    Yahh, gitulah kira2 definisi dari "homestay".

    Jadi...
    Hari Minggu, tgl 21 Maret, aku bareng tmen2 seangkatanku ank. 19 naik TRUK (sekali lagi TRUK) (baru pertama kali saya naik truk. Sensasinya gimanaa gitu.) Kami "diangkut" ke daerah Sawangan. Ada 4 truk, 2 truk ke Gantang, 2 Truk ke Kadileben. Di Kali Gantang (atau kali apa ya? Diz gak tau ding namanya) keempat ruk berpisah menuju daerah masing2.

    Habis itu, kami kumpul sebentar di kapel di masing2 wilayah, dan akhirnya dijemput oleh orangtua asuh; Bapak/Ibu yang punya rumah yang bakal kami tempatin. Saya serumah sama temen sekelas saya, Vicky. Kami cuma diberitau siapa nama kepala keluarga yang akan kami tempati, kami gak dikasi tau giman watak beliau, keadaan rumah de-el-el. Cuma dikasih tahu nama bapak asuh kami Pak Nurgianto, dan kami akn tinggal di Lingkungan Gantang 1.

    Dann...
    kami disuruh mengikuti seorang bapak. Masuk gang kecil, belok2, dan akhirnya sampai di sebuah rumah yg kecil dan berlantaikan tanah. Abis kenalan, basa-basi sama bapak dan ibu, kami istirahat sambil cerita2. Besok baru deh...

    The adventure was begun....

    Kami bangun pagi, bantuin ibu masak, ke ladang, bantuin ngitung bambu dan ngarit. Diz bener2 ngeras diz gak berguna apa-apa. Soalnya diz gak bisa (dan gak dibolehin sama bapak-ibu) buat ngangkat yang berat2. Ibu asuhku, walaupun umurnya udah sekitar 50-an, kepala dan lehernya kuat lho buat ngangkat bebean rumput buat pakan sapi kira2 1 kwintal. O.o ckckckck, saya saja yg bru 16 tahun gak bisa...

    Trus pulang, mandi, masak makan siang, istirahat, sorenya ngeteh bareng bapak sambil cerita2.

    Eeehhh, maksudnya "istirahat" di atas itu... tidur siang. :"p
    Abiss, bapak ibu pasti gak ngebolehin aku ma Vicky ikut ke ladang klo udh siang. Yaudah. Yang bisa kami lakukan hanya menunggu sambil bobok. Ataumain ke rumah temen2 yg lain yg jga ditempatin di Gantang 1. Ada Jumi, Miun, Dini, Dewi, Aldo, David, Adit dan Ciput. Malah ada temen2 yg dari Kadileben main ke Gantang. Wuiihhh, padahal butuh waktu 1,5 jam lho, Gantang-Kadileben.

    Trus, klo udah sore, ngobrol ama bapaknya. Bapak cerita, hidup jadi petani itu susah, hanya dengan pinjaman modal, mereka harus bisa berusaha mengembalikan modal tersebut dengan hasil panenan. Tapi... kadang2 harga2 bisa sangat turun. Cabe sekilo cuma dihargai 5-8ribu. Bayangin! Dari benih ampe berbuah butuh waktu kurang lebih 6 bulan. Belum pupuknya, air klo gak ujan, dan alat bahan lainyg gak murah, akhirnya cuma dihargain segitu. Belum tentu Bapak-Ibu bisa balik modal.

    Tapi, meskipun kayak gitu, anehnya, mereka masih bisa tersenyum, dan memeberikan segala yang terbaik bwt aku ma Vicky. Klo sore2 digorengin tape, dan dibuatin teh anget manis, bener2... mereka memberi dari kekurangan mereka, buakn dari kelebihan mereka.

    Dari bapak dan ibu, diz bner2 belajar arti "menghargai" dan "bersyukur". :")

    Dah lanjut. Abis ngobrol2, bantuin ibu masak lagi, makan malem, ngobrol dikit, trus bobok.

    Kira2 gitulah siklus idup diz selam di Desa Gantang sampe hari kamis tanggal 25 Maret. ^^

    Oy, hari Selasanya, tgl 23 Maret, Anak2 dari SMTIK PIKA Semarang (moga2 saya gak salah ketik) juga dateng ke desa Gantang bwt Homestay. Trus anak Van Lith ma Anak PIKA kenalan, saling silaturrahmi (baca: tukeran alamat fb), dan kerja bareng di ladang metik cabe. X"P
    Nice to know you, PIKA! Salam dari Muntilan!

    Yap, gitulah pengalaman saya selama homestay di Desa Gantang. Dari yg gempor ke ladang, kaget begitu tau di sebelah dapur ternyta langsung kandang sapi, seneng but capek plus tambah item waktu manen cabe bareng anak2 PIKA, itu semua jadi pengalaman idup yg bakal diz inget sampe kapan pun.

    Trus...
    hari Kamis tanggal 25 Maret, paginya aku metik cbe bareng anak2 PIKA, ladangnya gak terlalu luas dan banyak pekerja (rame2, bo), selesainya sebentar.
    Lalu, pulang dari ladang, aku ma Vicky mandi trus packing buat pulang. Abis makan, kami pamit pulang. Sedihhh banget rasanya musti ninggalin bapak ibu yg udah baik banget ama kami berdua. Diz jadi kangen mereka dan pengen balik lagi nih.. >.< :"( Diz nahan air mata waktu itu... takut klo nangis, bapak-ibu malah ikutan sedih... Setelah pamit, akhirnya diz pulang juga ke asrama (masih pake TRUK). Dan balik lagi ke rutinitas asrama-seklah... Well, dari pengalaman ini, diz ngrasa bnyak bgt belajar. Didesa itu, sopan santun, ramah tamah, masih mengakar dengan kuat dan masih diterapkan. Tiap kali diz jalan2, pasti org2 bilang, "Monggo, Mbak--Mari Mbak," atau, "Pinarak, Mbak?--Mampir Mbak?" Padahal, mereka kenal aku aja enggak.
    Klo dibandingin ama Bekasi... klo kita disapa orang di jalan, pasti malah bingung, malahan nganggep yang nyapa gila, gak kenal juga... Sadly, paling engga buatku.

    Hidup bersama Pak Nur dan Bu Tutik selama 5 hari itu bner2 membuka mataku. :")
    Diz berharap, klo diz udah gede, diz bisa balik ke Desa Gantang bwt ngbantuin masyarakat di sana yg bener2 berkekurangan.

    Desa Gantang... I love that place so much.
    I will come back again, sometime. I promise.

    V,
    dia...Z

    PS:
    1. Sayang banget diz gak punya kamera dan emang gak boleh bw selam homestay. Padahal banyak pemandangan bagus dan pengalaman berkesan utk dipotret. T_T
    2. This article also can be read on my fb note. Click here.

    1 komentar:

    1. Halo dia..Z...seru banget pengalamannya..mengingatkan pada 15 tahun yang lalu..metik cabe...makan tape goreng..didesa yang sama..jangan-jangan nginep dirumah yang sama juga yach...hahaha

      salam kenal yach..aku angkatan 5VL

      BalasHapus