Kamis, 03 Mei 2012

Galau Jurusan

Gue yakin siswa-siswi kelas 3 SMA se-Indonesia pasti beberapa ada yang mengalami hal yang sama kayak gue: Galau Jurusan. Akar masalah kita bersama ini adalah sistem pendidikan Indonesia yang belom berbasis based on vocation, tapi lebih kayak (1) masuk2in pengetahuan dan ketrampilan sebanyak-banyaknya, (2) dapet jelek ujian ya bodo, (3) yang penting lulus. Busuk.

Tapi ya udah lah. Yang penting sekarang sambil menunggu kelulusan (amin lulus), diz udah membuat planning supaya pendidikan tingkat lanjut diz gak malah jadi kesalahan, tapi bener2 jadi sarana diz buat memasuki dunia kerja nantinya. Here they are:

Step 1: Lulus SMA

Step 2: Kuliah
- Option 1: SNMPTN Undangan
Di sini diz daftar di UI dan Undip. Pilihan pertama Komunikasi, pilihan kedua Sastra Inggris. Ada temen diz yang nanya, "gak sayang IPA lo, Ti?" Gue jawab, NGGAK. Cukup sudah 3 tahun gue berkutat sama Fisika. Gue gak ada masalah sama pelajaran lainnya, suka semua malah, kecuali "F" satu itu.
- Option 2: STIKS Tarakanita
Dulu terkenal dengan nama AKSEK Tarakanita. Sekretaris, ya. Mereka udah lama banget, punya koneksi sama banyak perusahaan, jadinya lulusannya cepet kerja. Ada praktek kerjanya juga buat mahasiswi yang udah semester 5. Mereka baru buka Sekolah Tinggi Komunikasi, jadi abis lulus D3, alumninya bisa langsung kuliah Komunikasi sambil kerja. Menurut diz, sistem ini lumayan keren. Tapi emang sih, Komunikasinya gak se-tenar dan se-terpercaya UI atau Undip.

Segala pertimbangan itu karena pertama-tama diz inget2 lagi cita2 diz. Cita2 yang udh dari SMP adalah tampil di depan kamera buat menyampaikan berita, penyiar berita. Impian yang paling banyak masuk dalam lamunan diz adalah suatu saat, di depan kamera diz ngomong: "Selamat siang pemirsa, saya Stephanie Putri Diasti akan memandu anda selama 30 menit ke depan dalam berita-berita teraktual, tajam dan terpercaya dalam Liputan 6 Siang edisi Senin, 3 Mei 2016. Berita utama kami adalah..." I'm dying for this dream.

Sekarang diz akuin diz juga gak ada masalah sama kerja di depan komputer selama berjam-jam. Diz suka ngetik, suka bikin artikel, suka juga main-main sama Corel Draw buat desain kaos. Ngarang cerita kadang2. Jadi kalo plan A (jadi penyiar) gagal (plis, Tuhan, jangan gagal), diz bisa bikin plan B, plan C, plan D, dll., dan gak ada masalah besar.

Selain itu, diz juga baca di KOMPAS ekstra yg terbit Senin, 30 April kemaren kalo pendidikan vokasi (diploma) sekarang banyak diincar karena banyak dibutuhkan. Makanya diz daftar (dan udah lolos tes) di STIKS Tarki, D3 Sekretaris, selain daftar PTN lewat SNMPTN Undangan.

Jadi....
Plan A: Kalo keterima di PTN jurusan Komunikasi lewat SNMPTN Undangan.
-Kuliah
-Magang, di mana kek, MokTV juga gapapa dah. (senggol kak Go King)
-Jadi penyiar. Aminnnnnnn....

Plan B: Gak keterima di PTN (jangaaaaaannnnn! T_T)
-Kuliah di STIKS
-Ngelamar kerja di perusahaan televisi.
-Kerja + kuliah lagi di Komunikasinya Tarki (atau kalo duitnya cukup, ngejar S1 bisa di PTN...).
-Mungkin diangkat jadi PR setelah lulus Komunikasinya...
-Ngajuin diri di bidang news, boleh gak ya?

Plan C: Buka warnet sama distro kaos di Bandung. (mulai ngasal)

Well, itu semua cuma rencana, gak tau deh kondisi mana yang bakal saya hadapi. Semoga yang plan A.... Soalnya diz udah desperate duluan sama SNMPTN Ujian Tulis. Dua kali try out gagal semua. Lagian, batas daftar ulang Tarki sama pengumuman SNMPTN Undangan sama2 jatuh di tanggal yang sama: 28 Mei. Kemungkinan besar diz gak ikut SNMPTN Ujian Tulis...

May God arrange the best for my life. Amen.

V,
dia...Z


Tidak ada komentar:

Posting Komentar