Sabtu, 14 Maret 2009

Hantu Foto Box

Aku pernah baca cerita tentang hantu ini di suatu tempat. Dan... hal itu terjadi juga padaku....

Waktu itu, aku sama temen-temen se-gank ke mall buat belanja sama cuci mata dikit lah.... Soalnya akhir-akhir ini pemandangan kami cuma buku mulu. Yah, namanya juga baru ujian. Kamu semua juga lagi pada refreshing, kan?
Lantaran kaki udah gempor muter-muter departement store buat hunting baju-baju oke dengan harga miring, kami akhirnya duduk di suatu food court sambil ngobrol-ngobrol. Enak banget tuh si Prisma. Dari seluruh belanjaan kami, dia lah yang dapat membawa pulang kaos-kaos termurah dan sepatu sandal yang keren-keren, tapi harganya miring abis. Sekarang dia ditraktirin sama anak-anak se-gank. Kalau biasanya orang-orang berkompetisi untuk mendapatkan barang-barang yang mahal, beda banget sama kami berdelapan.Yang bisa dapet barang keren dengan harga murah, dialah yang bakalan ditraktir. Hemat dan asyik, kan.
“Eh, gimana kalau ntar kita foto box? Kan ada yang murah tuh di sebelah toko sepatu. Lima ribu tiga kali jepret,” celetuk Anin yang lagi asyik makan donatnya.
“Wah, oke juga tuh. Murah banget! Baru buka, ya, terus lagi promosi?” tanya Olive. Anin hanya menjawab dengan anggukan kepala, karena mulutnya penuh dengan donat.
“Oke aja. Ayuk!” kataku menyetujui.
“Eh, emangnya kalian gak takut hantu foto box?” celetuk Chendy, membangkitkan keingintahuanku.
“Hantu foto box? Hantu apaan tuh? Gue belum pernah denger. Cerita dong, cerita...” pintaku kepada Chendy.
“Oke, gue cerita. Tapi jangan pada takut, ya...” kata Chendy dengan suara agak lirih memelas.
“Gue pernah denger tuh. Kan ada, ya, gank yang namanya SIXTEEN GIRLS. Dinamain gitu solanya mereka beranggotakan enam belas cewek, dan mereka membentuk gank itu pas mereka semua masih berumur enam belas tahun. Nah, suatu hari, mereka pada pengen bikin rekor, enam belas orang muat foto-foto dalam satu foto box. Kurang kerjaan, emang. Akibatnya fatal juga, sih. Ada satu anak yang mati kegencet sama temen-temennya di foto box itu....
“Karena masih enam belas tahun, otomatis, dia belum mau mati. Makanya dia jadi gentayangan di foto box yang mau dia datengin. Kalau kita lagi ‘beruntung’, kita bisa ngeliat tuh hantu cewek di hasil fotonya. Dia seolah-olah juga ikut foto bareng sama kita. Pake kaos putih, rambutnya dikuncir. Tapi di sekitar matanya ada item-item gitu kayak hantu bangku kosong,” cerita Chendy.
“Oh, kalau cuma ikut foto bareng sih gak pa-pa. Tinggal dibuang aja fotonya. Susah amat,” kata Audina.
“Tapi masalahnya gak semudah itu, Din,” kata Chendy. “Kalau itu cewek ikut foto bareng sama kita, berarti kita udah harus siap-siap menunggu kematian (semuanya langsung kaget mendengar ini). Nanti orang-orang yang ikut foto sama ini cewek, di dalem fotonya, lama-lama dia bakalan jadi tengkorak. Yang pertama jadi tengkorak itu lah yang bakal mati duluan.”
Hening sejenak mengakhiri cerita Chendy.
“Terus, gimana dong kalau kita udah telanjur ikutan foto sama tuh cewek?” tanya Audina.
“Engg.... Gak tau, lupa. Eh! Gue inget! Ntar fotonya itu musti dibakar bareng dupa sambil didoain sama yang ikut foto bareng cewek itu tadi,” jawab Chendy.
“Terus kalau mau hantu itu pergi, apa foto box-nya musti didupain juga?” tanya Odin (singkatannya Audina).
“Ya enggak. Tapi.... Ah, mendingan gak usah foto box aja sekalian! Kalo mau foto bareng foto studio atau pake hp atawa kamera aja,” jawab Chendy.
“Tapi foto di foto studio kan, mahal,” keluh Cheryl (baca: ce-ril bukan sye-ril).
“Iya. Belum nyetak fotonya yang juga mahal. Kalau fotonya pake kamera digital, nyetak ke tempat cetak foto juga mahal. Nyetak sendiri juga mahal. Belum tinta, kertas foto, de-el-el,” kata Olive ikutan ngeluh.
“Ya udah, pake kamera aja, Lip,” kata Prisma.
“Tapi kan, nyetak fotonya juga sama aja mahal,” kata Olive.
“Ya udah, pake hp. Nyetak juga paling seribu doang,” kata Prisma tetep optimis.
“Ongkosnya ke tempat cetak foto musti diperhitungkan juga dong. Ah, pokoknya paling enak kalau mau foto-foto gitu di foto box, deh. Udah murah, praktis, cepet, kalau mau bisa pake frame, lagi,” timpalku.
“Emangnya itu bener, Chen?” tanya Ana kurang percaya.
“Kagak. Karangan gue doang.”
“Yee....CAPE DEH!!!” seru kami semua kompak. Ya ela... udah berkeluh kesah ke sana ke mari, gak tahunya si Chendy cuma ngarang-ngarang.
“Ah, gue udah tahu dari tadi Chen!” kata Ana. “Pas lu ngejawab pertanyaan Odin yang gimana kalau kita udah telanjur foto bareng hantunya, kan lu bilang lu lupa kan? Nah, berarti tadi lu mikir dulu tadi baru ngejawab pertanyaannya Odin alias lu boong.”
“Pinter juga lu, Na. Tumben, biasanya satu tambah satu aja gak tahu,” kata Cheryl.
“Plis deh, Ce...” kata Ana yang, yah emang agak lemah dalam nilai-nilai akademisnya.
“Tapi, kalau misalnya beneran gimana coba? Takut nih!” kataku sambil menyeruput kopi susuku.
“Diaz yang cantik...” kata Cheryl.
“Eh, makasih, Ce. Gue dikatain cantik. Tapi emang bener, kok,” potongku. He he he, dasar narsis!
“Nyesel gue ngomong,” kata Cheryl sambil mengernyit. “Yang penting, nih, kita gak usah percaya sama segala hantu, dedemit, atau segala tetek bengek kutu kupret lainnya. Kalau pendapat gue, sih, gue percya kalau setan itu ada. Tapi setan itu cuma ngebikin kita jadi pengen berbuat dosa dengan segala macam godaan-godaannya. Terus, setan itu—menurut gue, ya—adalah salah satu malaikat Tuhan yang disuruh Tuhan buat ngasih cobaan kepada umatnya. Gitu....”
“Bener juga apa lu kata. Paling hantu-hantu itu cuma akal-akalannya para nenek moyang aja supaya anak-anak pada gak dugem malem-malem,” kata Prisma.
“Yah tapi kita juga harus ngehargain budaya dan kepercayaan nenek moyang, dong,” kataku. “Eh, udahan yuk, cabut. Kita foto box, yuk. Udah gak percaya sama hantu foto box, kan?”
“Enggak dong...!” seru temen-temen kompak.
Dan... jadilah kami semua foto-foto di foto box. Kami foto bertiga-tiga, khusus Cheryl sama Prisma cuam berdua. Gak berdelapan. Gak muat, Bo! Lagian, emangnya kita mau bikin rekor apa? Kurang kerjaan. Hasilnya juga bagus-bagus, narsis-narsis, dan lucu-lucu. Gak ada yang ikutan foto tanpa diundang, membuktikan bahwa cerita Chendy cuma karangannya doang. Dan akhirnya, foto-foto itu menghiasi dompet kami masing-masing.

N.B: Eh, ini beneran cerita nyata, lho. Tanya aja temen-temen gue kalau gak percaya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar